18 Obyek Wisata Populer di Nusa Penida, Siap Meramaikan Pariwisata BALI

Sudah bosan dengan keramaian pantai Kuta atau obyek wisata lain di Bali? Ingin menemukan pilihan obyek tour yang masih natural? Nusa Penida kini hadir menjadi salah satu obyek wisata hits di Bali. Apa istimewa Nusa Penida? Apa saja yang ada di Nusa Penida sehingga turis asing mulai meramaiakn pulau ini? Itu adalah sekelumit pertanyaan yang sering muncul ke permukaan tentang pulau Nusa Penida. Berikut ini kami team infonusapenidatour.com akan mengulas tentang Pulau Cantik di Seberang Selat Badung “Nusa Penida”

Pulau Nusa Penida merupakan bagian dari Kabupaten Klungkung, Provinsi BALI. Nusa Penida sendiri merupakan sebuah kecamatan yang terdiri atas tiga pulau  yaitu Nusa Gede, Nusa Ceningan, dan Nusa Lembongan-Jugutbatu. Nusa Penida dikelilingi oleh lautan. Untuk dapat mengakses pulau Nusa Penida bisa ditempuh melalui 3 pelabuhan yang ada di BAli Yaitu: 1)  Kota Madya Denpasar yaitu Pelabuhan sanur yang lokasinya berada di Jalan Hang Tuah Sanur Kaja. 2) Kabupaten Klungkung lokasinya ada 2 yaitu  Pelabuhan Banjar Bias dan Pelabuhan Tri Buana. 3) Kabupaten Karang Asem yaitu Pelabuhan Padang Bay. Untuk Jalur Fast Boat bisa a dipilih yaitu dari pelabuhan Sanur, Pelabuhan Banjar Bias atau Pelabuahan Tri Buana. Sedangkan Pelabuhan Padang Bay adalah pelabuhan Penyebrangan bagi Kapaf Fery Nusa Jaya Abadi (RORO).

Sebagai obyek wisata, perkembangan pariwisata di nusa penida sudah mulai berkembang pesat. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya kunjungan wisatawan lokan maupun asing yang berkunjung. Ada begitu banyak tempat indah, Unik, Mempesona, Eksotis dan tentunya Terbaik untuk menghabiskan liburan Anda di Nusa Penida. Berikut adalah daftar 18 (delapan belas) Tempat Wisata yang Populer di Nusa Penida versi infonusapenidatour.com siap meramaiakn pariwisata di BAli dan yang wajib Anda Kunjungi ketika ke Nusa Penida

1. Crystal Bay Beach (Pantai Penida)

Pantai Crystal bay disebut juga Pantai Penide. Sebutan crystal bay disematkan pantai ini karena air lautnya yang jernih bagaikan kristal. Pantai crystal bay selain dikelilingi perbukitan hijau yang alami memiliki daya tarik tersendiri dengan keberadaan Atol (pulau karang). Keelokan teluk dengan hamparan pasir halus yang berpadu ndengan hijaunya pohon kelapa. gugusan atol serta keberadaan Pura Batu Jineng dipuncaknya semakin menambah keindahan yang membuat pengunjung betah untuk berlama-lama di pantai ini sambil menikmati sunset. Bagi Anda yang suka main air laut disenja, dan suka menikmati sensasi sunset. Sunset di Pantai Crystal Bay  rekomen banget karena pantainya menghadap ke barat, dan sangat cantik sunset di Crystal bay.  Tidak hanya itu, di crystal bay anda juga dapat melakukan aktivitas seperti diving, snorkeling, berenang, berjemur, bermain bola pantai. Bagi wisatawan penggemar snorkeling, wisatawan dapat menyewa tempat snorkeling di Crytal bay

Lokasi : Pantai ini berada di Banjar Penida, desa Sakti

 

 

 

 

 

 

2. Broken Beach (Pasih Uug)

Pasih Uug sendiri jika di dalam bahasa Bali bisa diartikan dengan ” Pantai Yang Rusak “, pantai ini pun populer dengan nama Broken Beach, karena tempat berupa tebing setinggi 50 – 200 meter ini ditengannya ada lubang seperti terowongan. Layaknya sebagian besar kawasan Nusa Penida Pantai Uug dihiasi dengan tebing-tebing tinggi, dengan ketinggian mencapai 50-200 meter. Namun Anda akan menjumpai sebuah tebing yang berlubang pada bagian tengahnya sehingga nampak menyerupai sebuah terowongan laut. Dari atas tebing Anda bisa melihat air lautnya yang berwarna biru jernih menjadi rumah yang nyaman bagi sejumlah ikan dan biota laut lainnya, terutama ikan pari. Broken beach juga merupakan salah satu spot snorkeling paforit di penida, karena wisatawan dapat menyaksikan dan menari bersma ikan pari manta yang ramah dan bersahabat.

Lokasi : Pantai Pasih Uug terletak di Banjar Sumpang, Desa Bunga Mekar, lebih tepatnya di Nusa Penida bagian barat.

 

 

 

 

 

 

  1. Angel’s Billabong

Objek wisata Angel’s Billabong berdekatan dengan Pantai Pasih Uug. Tempat ini merupakan muara akhir dari sebuah sungai di Pulau Nusa Penida yang bermuara terlebih dahulu sebelum air sungai tersebut sampai ke lautan lepas. Di muara sungai ini permukaan airnya sangat tenang dan jernih. Selain itu terdapat pula cerukan-cerukan yang membentuk kolam secara alami yang sangat indah dan cantik.

Angel’s Billabong merupakan kolam alami yang berbatasan langsung dengan laut lepas. Daya tariknya yaitu airnya yang jernih seperti cermin tembus pandang yang terlihat hingga dasar kolam. Deburan ombak yang menghantam tepian tebing karang kolam Angel’s Billabong dan tumbuhnya lumut di sekitar karang – karangnya membuat nuansa alami pada tempat ini. Kolam ini adalah muara akhir dari Sungai Nusa Penida yang dihimpit tebing karang sebelum sampai ke laut lepas. Air yang ada di kolam ini berasa dari sungai dan laut lepas yang terpisah oleh tebing karang dan berbatasan langsung dengan kolam Angel’s Billabong. Saat air laut pasang, air laut akan masuk ke kolam ini. Angel Bilabong wisatawan dapat mengambil aktivias main air ataupun berenang. Ketikan wisatawan berenang tetaplah memperhatikan  pasang surut air laut.

Lokasi : Pantai Pasih Uug terletak di Banjar Sumpang, Desa Bunga Mekar

 

 

 

 

 

 

 

  1. Kelingking Beach

Pantai ini disebut pantai kelingking karena bentuk bukitnya menyerupai jari kelingking pada manusia. Pantai kelingking berada di bawah tebing Nusa Penida. Dengan kondisi tersebut, kebanyakan pengunjung menikmati suasana Pantai Kelingking dari atas tebing. Untuk sampai ke bibir pantai diperlukan waktu selama satu jam. Akses yang ditempuh menuruni tebing sepanjang 150 meter, dengan akses jalan yang dicetak, masih alami, jalannya cukup berkelok-kelok dan agak terjal dan hanya berpegangan pada  bambu pada tepi anak tangga.  Dari ketinggian tebing, Pantai Kelingking terlihat pendek namun sesungguhnya sangat luas. “Lebar pantai 80 meter, pasirnya halus warna putih. Persis di lokasi pantai, pengunjung bisa menikmati suasana alam yang memukau.

 

Obyek penunjang lain yang sering diminati ketika wisatawan berkunjung di pantai kelingking adalah  adanya pohon cinta. Mengaa dikatakan pohon Cinta?

Pohon cinta sebenarnya adalah pohon kayu yang telah lapuk/mati yang dijadikan spot selfi dengan  latar belakang pantai kelingking yang snagat cantik

Lokasi pantai kelingking adalah Banjar Karang Dawa, Bunga Mekar, Nusa Penida

  1. Pasih Andus (Smoke Beach)

Pantai ini disebut dengan Pasih Andus oleh masyarakat sekitar adalah karena bentukan asap dari hempasan atau deburan ombak yang ke atas. Asap yang ditimbulkan bukan akibat polusi udara melainkan deburan ombak alami. Seperti namanya keindahan smoke beach terpancar dari deburan air laut menghantam tebing karang, deburan ini menghasilkan semburan air laut yang menyerupai asap. Banyak wisatawan yang mengambil foto ketika ombak sedang naik dengan background kristal air bertebaran. Tentu menghasilkan latar foto yang berbeda dan sangat seru pastinya. Tidak hanya suara gemuruh ombak saja, terdapat biota laut langka yang indah disana. Anda bisa menyaksikan pemandangan ikan Pari dan Mola-Mola langka yang berenang bebas di Pantai ini.

Pantai Pasih Andus terletak di Dsn. Sompang, Ds, Bunga Mekar, Nusa Penida. Sedangkan jarak antara Pantai ini dengan Pantai Pasih Uug cukup dekat hanya beberapa meter saja dan bisa ditempuh dalam waktu 15 menit.

 

6. Rumah Pohon (Molenteng)

Rumah Pohon berlokasi di Nusa Penida bagian timur. Di kawasan ini terdapat tiga unit rumah yang di bangun di atas pohon.  Keunikan rumah pohon dikarenakan pohon tempat dibangunnya rumah terletak di atas tebing karang. Selain sebagai obyek wisata, rumah pohon ini juga dikomersialkan sebagai penginapan. Dari ketinggian rumah pohon, wisatawan akan merasakan hembusan angin laut yang sejuk dengan pemandangan gugusan pulau-pulau kecil disekitarnya. Gugusan pulau-pulau kecil di kawasan ini sering disebut raja lima nusa penida. Lokasi ini sangat bagus untuk mendapatkan spot sun rice di raja lima.

Lokasi rumah pohon: adalah BanjarPelilit, Desa Pejukutan, Nusa Penida

 

 

 

 

 

 

 

7. Pulau Seribu (Raja Lima)

Disebut pulau seribu karena keindahan alam terbentuk dari jajaran pulau-pulau kecil di tengah laut. Inilah hamparan gugusan bukit-bukit di wilayah timur Pulau Nusa Penida.  Jika dilihat dari kejauhan, sejumlah bukit yang membentuk pulau-pulau kecil ini tampak seperti yang ada di Kepulauan Raja Ampat, Papua Barat. Pemandanngan sun rice di raja lima sangatlah memukai.  Wisatawan dapat menikmati keindahan alam pulau seribu dari atas bukit. Wisatawan dapat menikmati panorama sun rice di raja lima sekitar pukul 07.00 Wita.

Lokasi wisata ini  berada di Desa Pejukutan, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung.

 

 

 

 

 

8. Atuh Cliff

Bukit Atuh di pulau Nusa Penida memiliki pemandangan luar biasa dengan formasi pulau pulau kecil berupa tebing tebing lancip . Letaknya di sepanjang perjalanan menuju atuh beach. Tebing sepanjang 1 kilometer ini ternyata memiliki beberapa nama di titik tertentu. Foto yang dihasilkan di beberapa titik pada tebing di Pantai Atuh memiliki daya tarik masing-masing yang sama cantiknya. Tidak jarang kita bisa melihat Pari Manta dari atas tebing ini. Pemandangan laut dari atas bukit dengan jejeran pulau-pulau kecil sering diabadikan wisatawan ketika berwisata ke tempat ini.

Lokasi wisata ini  berada di Desa Pejukutan, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung.

 

 

 

 

 

 

 

  1. Pantai Atuh

Pantai Atuh dapat dikatakan sebagai pantai yang karismatik. Pantai Atuh memiliki kondisi geologi yang berbukit karang dengan bentuk yang unik di tengah-tengah pantainya. Bentuknya seperti sepatu, kira-kira berada 200 meter dari bibir pantai. Bukit karang tersebut menjadi pemandangan menarik diantara debur ombak. Pemandangan dari atas tebing di pesisir Pantai Atuh juga sangat menarik. Anda seperti melihat liukan leher Brontosaurus yang sedang menjulurkan lehernya ke dalam lautan. Pemandangan dari atas tebing ini sangat memukau. Adanya tumbuh-tumbuhan semak perdu di tebing-tebing memperlihatkan kekontrasan warnanya dengan ombak lautan yang berwarna biru. Ada beberapa bukit kecil di sekitar tebing besar itu. Anggap saja itu adalah kura-kura raksasa yang sedang berdiam diri, sebab buki-bukit kecil itu memiliki kontur tanah berwarna cokelat dan hijau seperti punggung kura-kura. Lokasi pantai atuh  berada di Desa Pejukutan, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung.

 

  1. Pantai Suwehan (Suwehan Beach)

Pantai Suwehan, menyuguhkan perpaduan alam yang sangat serasi dan jarang bisa anda temukan di tempat lainnya, pemandangan indah pantai pasir putih yang masih belum terjamah, keberadaannya tersembunyi di balik tebing-tebing curam, dan Batu Jineng yang berdiri tegak, berbentuk seperti brand terkenal Volkom, Batu Jineng ini menjadi ciri khas dan menjadi ikon tempat ini. Setiap sudutnya menyuguhkan keindahan, membuat setiap pengunjungnya berdecak kagum, jadi jika anda berencana jalan-jalan tour di Nusa Penida maka objek wisata yang dikenal juga dengan Volcom Beach (pantai Volcom) sayang untuk dilewatkan. Lokasi wisata ini terletak di Banjar Watas, Desa Tanglad.

 

  1. Pantai Banah

Pantai ini memiliki daya tarik yang mencolok yaitu adanya tebing batu kapur di tengah laut yang memiliki lubang, dan di tebing ada banyak pohon hijau tumbuh, yang disebut Banah Cllif. Tebing Banah ini sekitar 200 meter di atas permukaan laut. Dan dari ketinggian ini, wisatawan  bisa merasakan sensasi mendebarkan karena tidak ada penghalang antara tepi tebing dan laut di bawahnya. Air laut pantai Banah begitu jernih, sehingga wisatawan bisa melihat pari manta dari puncak Banah Cliff. Lokasi Pantai Banah di Pantai Banah terletak di Banjar Salak, Desa Batumadeg.

 

12. Guyangan Waterfall

Objek Nusa Penida Tour Peguyangan Waterfall ini berada di bawah karang dan harus ditempuh dengan melewati sebanyak 870 anak tangga yang menempel di dinding tebing untuk mencapai lokasi ini. Sedangkan di bagian bawah air terjunnya, ada laut yang luas dengan deburan ombak yang besar. Anda mesti berhati-hati ketika menyusuri jalanan kesana karena bentuknya curam. Disepanjang perjalanan, Anda akan menemukan pipa-pipa air yang besar dan panjang. Itu karena para warga menjadikan air terjun ini sebagai sumber air bersih.

Mata Air Peguyangan atau Springs Guyangan terdapat pemandian mata air guyangan yang memiliki air yang jernih dengan pemandangan indah dari tebing Tibanya di pemandian mata air peguyangan akan disungguhkan pemandangan yang indah di sekitar yang masih alami, laut biru dan terdapat air terjun kecil yang disebut air terjun peguyangan atau guyangan waterfall. Di sekitar lokasi Peguyangan Waterfall, terdapat air suci dan ambillah sedikit untuk diminum. Setelah air tersebut masuk ke tenggorokan, rasanya akan sangat segar dan dalam sekejap keletihan pun hilang. Lokasi mata air ini adalah Desa Batukandik

 

13. Mata Air Temeling

Mata air temeling menjadi salah satu destinasi wajib yang harus dikunjungi saat ke pulau kecil nan indah ini. Lokasinya berada di tengah hutan yang masih terjaga. Tak ayal, kalian butuh waktu sekitar 60 menit berjalan kaki untuk menuju pusat mata air yang juga dikenal sebagai mata air Tembeling oleh warga sekitar. Terdapat sumber mata air kecil di tempat ini yang biasanya dimanfaatkan oleh wisatawan untuk berendam menikmati sejuk dan indahnya alam Nusa Penida.

Bagi masyarakat Nusa Penida Bali, lokasi ini bukan sekadar lokasi mata air biasa. Namun juga kerap dijadikan sebagai tempat ritual dan upacara keagaamaan. Tidak mudah memang untuk mencapai lokasi mata air Tembeling ini. Medan jalan curam, licin dan terjal. Satu hal yang tidak boleh dilanggar adalah kolam besar hanya boleh digunakan berenang oleh laki-laki saja. Sedangkan kolam yang kecil yang letaknya dekat dengan pantai boleh digunakan bermain air oleh perempuan. Lokasi mata air temeling adalah  di Banjar Salak, Desa Batumadeg.

 

14. Seganing Waterfall

Daya tarik destinasi wisata ini yaitu suasananya yang masih sangat alami dengan aliran airnya yang langsung jatuh ke laut dengan hiasan batu-batu cadas berwarna kuning kecoklatan. Selain itu daya tarik lainnya dari objek wisata ini, perjalanan ke bawah menuju air terjun yang menantang. Sampai di bawah, kalian akan menikmati deburan ombak dan air terjun yang jernih sambil berendam sepuasnya disini. Tetapi jika kalian tidak berani turun ke bawah, kalian bisa juga kok melihat keindahan air terjun seganing dari kejauhan.

Air Terjun Seganing berada di Dusun Sebuluh, Desa Bunga Mekar, Nusa Penida. Spot ini berada di ujung barat pulau, tepat di bawah tebing yang berhadapan dengan laut lepas.

 

15. Bukit Teletubies

Objek wisata bukit Teletabis (Teletubbies Hill) sekarang menjadi tujuan wisata trends,  daya tariknya adalah perbukitan hijau dengan gundukan-gundukan bukit seperti tempurung kelapa, berikut lembah cantik yang persis dalam gambaran alam serial film tv anak-anak tersebut. Tidak hanya bukit Teletubbies di Nusa Penida, sejumlah tempat cantik yang menyuguhkan gundukan-gundukan bukit hijau dan lembah dan dijadikan sebagai tujuan wisata disebut juga sebagai bukit Teletabis. Kawasan bukit ini cukup luas terletak diantara perbatasan wilayah dusun Sedehing (desa Sekartaji) dan dusun Julingan (desa Tanglad), berada pada sebelah Timur pulau Nusa Penida.

 

16. Gua Giri Putri (Giri Putri Cave)

Gua Giri Putri merupakan tempat persembahyangan bagi umat Hindu Bali (Pura Kahyangan Jagat Giri Putri). Pura Giri Putri biasanya menjadi destinasi wajib bagi umat hindu bali yang Tirtayatra ke Nusa Penida. Pura ini sebagai tempat suci untu melukat atau semadi. Uniknya tempat persembahyangan terdapat di dalam Gua sehingga sering disebut dengan Pura Gua Giri Putri (Giri Putri Cave). Ketika tangkil ke Pura Goa Giri Putri pemedek melakukan enam tahapan persembahyangan. Lokasi Goa Giri Putri adalah di Desa Pakraman Karang Sari

17. Paluang Cliff

Paluang Cliff merupakan salah satu obyek wisata yang ada di kawasan nusa penida bagian barat. Paluang cliff menyajikan panorama bukit kelingking dilihat dari belakan. Obyek ini dijadikan salah satu spot self yang memungkinkan pengunjung untuk bisa melihat tebing/batu yang terdapat di Kelingking Beach. Bisa dikatakan bahwa Paluang Cliff ini merupakan hidden spot untuk bisa melihat keindahan batu yang ada di Kelingking Beach dari sudut pandang yang berbeda. Obyek wisata ini berada di bibir tebing, sehingga bagi wisatawan yang hendak mengambil foto haruslah berhati-hati agar tidak terpeleset, karena belum terdapat pengaman di pinggir tebing.

Lokasi: Banjar Karang Dawa, Desa Bunga Mekar

18 Gamat Bay

Gamat Bay merupakan salah satu spot/obyek wisata Faporit di Nusa Penida untuk Wisata Under Waternya. Gamat Bay merupakan pantai yang pasirnya bersih dan lembut. Disekitaran pantainya terdapat karang yang warna-warni dan sangat indah saat terkena cahaya matahari.

Gamat Bay adalah spot menyelam yang mempunyai air selalu jernih dengan karang curam. Dimana hampir seluruh wilayah dasar laut Gamat Bay berpasir. Pemandangannya semakin menawan dengan air yang sangat jernih. Di dasar lautnya menyimpan karang-karang dan lereng terjal yang terdapat celah-celah kecil sebagai tempat bermain ikan-ikan kecil di laut ini. sementara gundukan koralnya menjadi tempat perlindungan ikan kecil terhadap hal-hal yang membahayakan. Para penyelam sangat menyukai tempat ini karena terdapat panorama laut yang indah. Gundukan koral didalamnya menjadi tempat persembunyian ikan-ikan kecil yang cantik.

Lokasi: Toya Pakeh

Demikian pemaparan kami tentang 18 obyek wisata paforit di Nusa Penida. Jika wisatawan  ingin berlibur ke Nusa penida   tidak perlu khawatir.  Infonusapenidatour.com merupakan salah satu penyedia paket wisata liburan ke nusa penida. Contak WA 085738211636 untuk reservasi paket tour Nusa Penida.


Fatal error: Uncaught wfWAFStorageFileException: Unable to save temporary file for atomic writing. in /home/adventur/nusapenidamobile.com/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php:34 Stack trace: #0 /home/adventur/nusapenidamobile.com/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php(658): wfWAFStorageFile::atomicFilePutContents() #1 [internal function]: wfWAFStorageFile->saveConfig() #2 {main} thrown in /home/adventur/nusapenidamobile.com/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php on line 34